Jumat, 08 Juni 2012

Ganesha Japa Mantra

Ganesha

Ganesha merupakan dewa penghalau kegelapan yang disimbolkan dalam bentuk arca; (lihat tangannya ada mokshala, ada angkush, ada modaka, ada abhaya mudra) dan untuk menstanakan, sebaiknya menghadap pemedalan rumah sedangkan upakaranya / yadnya (waktu yang pernah saya lakukan, tidak jauh berbeda dengan yang kita lakukan di Bali pada umumnya;).
Dalam ritual seperti Ganesha Chturthi, ritualnya juga sederhana, mantram Om ganapata ye namaha, Shree Grurbhyo NamaH Hari Om...Gananam tvam Ganapatigum hava mahe; kavin-kavina upamasrahastanam; srhnvan nutibhisi dasadhanam; prano devi sarasvaty vajebhir vajenivati dinama vaitravastu; ganehsa ya namaha, sarasvaty ya namaha, shree guru bhyo namaha hari Om...om vakratunda mahakaya; sooryakhoti samaprabha; nirvighnam kurume devam; sarva karyesu sarvadam.....
.......... dikutip dari komentar dari photo forum diskusi hindu nusantara (ref)

Japa Mantra Ganesha
Ref, Dokumen Mantra-Mantra Gaib Ganesha
Berikut adalah beberapa syarat dalam melakukan japa mantra Ganesha :
  • Mandi yang bersih terlebih dahulu, termasuk membersihkan paha dan kaki
  • Membaca mantra dengan sepenuh hati, minimum 108 kali (pergunakan tasbeh). Pengucapannya boleh dalam hati atau dengan mengeluarkan suara.
  • Jika ingin yang paling serius, pembacaan/pengucapan mantra dilakukan selama 48 hari berturut-turut secara kontinu. Usahakan di tempat dan waktu yang sama.
  • Tujuan yang terbaik dengan mantra adalah untuk menolong manusia lain/pribadi sendiri.
  • Jangan bertujuan buruk kepada manusia lain, akan kena diri sendiri.
Inilah beberapa Mantra Ganesha yang dapat di gunakan untuk melakukan japa ;
  1. Om Gam Ganapataye Namaha---Mantra ini dipergunakan untuk memulai sesuatu yang baru, seperti memulai perjalanan, mengadakan usaha baru, buka kantor baru, penandatanganan kontrak-dagang baru, sehingga pelaksanaan usaha tidak menemui hambatan-hambatan.
  2. Om Namo Bhagabatae Gajanaya Namaha---Mantra ini untuk meminta kehadiran Ganesha, dan akan dapat dirasakan kehadirannya.
  3. Om Shri Ganeshaya Namaha---Mantra ini untuk meningkatkan daya-ingat (terutama pelajar dan mahasiswa) untuk mencapai tingkat lebih tinggi dalam belajar.
  4. Om Vakratundaya Hum---Mantra ini sangat kuat untuk menghambat dan menghilangkan pikiran-pikiran buruk, baik untuk pribadi maupun untuk manusia di tingkat nasional maupun internasional bahkan tingkat universal. Sering dipergunakan untuk mengusir setan. Dapat juga untuk penyembuhan penyakit yang berkaitan tulang belakang (dari bawah ke atas) dan penyakit dipaha. Untuk itu harus diucapkan 1008 kali (bukan 108 kali !).
  5. Om Kshipra Prasadaya Namaha---Mantra ini bersifat “instant” (cepat sekali). Mantra ini diucapkan, ketika ada bahaya atau kesulitan yang sudah tidak bisa diatasi sendiri.
  6. Om Shrim Klim Glaum Gam Ganapatayae Vara Varada Sarva Janamah Vashanamanaaya Svaha---Mantra ini mengandung bermacam-macam benih mantra. Tujuannya adalah untuk mohon berkat dan untuk penyerahan diri.
  7. Om Sumukhaya Namaha---Mantra ini sesungguhnya memiliki banyak arti, tujuannya menjadikan manusia menjadi cantik, baik (tubuh dan spritual) dan untuk hal-hal lain yang baik. Dengan sering mengucapkan mantra ini, akan menimbulkan rasa kasih-sayang.
  8. Om AekadanTaya Namaha---Mantra ini akan sangat membantu kepada mereka yang ingin “memusatkan” pikiran dan perasaan dalam bermeditasi. Jika dilakukan terus menerus, maka keinginan dapat dicapai.
  9. Om Kapilaya Namaha---Mantra ini untuk menyembuhkan manusia yang sedang sakit, karena mantra ini menciptakan warna dan tubuh anda, dan warna-warna itu dapat “disalurkan” kepada yang sakit untuk disembuhkan. Mantra ini juga dapat dipergunakan untuk memohon agar keinginan seseorang dapat tercapai.
  10. Om Gajakaranakaya Namaha ---Anda dapat mengucapkan mantra ini dimana saja. Penggunaan mantra ini adalah untuk dapat mendengarkan suara-suara dari alam gaib, baik dari berbagai jenis makhluk halus maupun dari mereka yang sudah meninggal. Mantra ini dapat membantu. “membuka” cakra (7 cakra) dan 72000 nadi (saluran-saluran kecil). Mantra ini cocok untuk mereka yang ingin maju di bidang pengembangan kebatinannya.
  11. Om Lambodharaya Namaha---Mantra ini digunakan untuk “menyatukan” diri anda dengan jagat-raya (alam semesta). Anda menjadi manunggal dengan alam-semesta dan menghasilkan rasa-damai tingkat tinggi, anda merasakan menjadi alam-semesta. Mantra ini sangat cocok dipergunakan mereka yang melakukan “olah batin”. 
  12. Om Vikataya Namaha ---Mantra ini membantu manusia mengetahui dan merasakan bahwa dunia material adalah maya dan ada “sesuatu” dalam diri sendiri yang lebih nyata dan abadi. Kesadaran yang diperoleh dari mantra ini, adalah dapat menjauhkan diri dari “keterikatan duniawi” dan menemukan ketenangan batiniah. Dunia hanya sebuah drama dan setiap orang menjadi pemeran tertentu dalam setiap kehidupannya di dunia yang fana ini.
  13. Om Vighna Nashanaya namaha---Mantra ini untuk mengatasi kesulitan pribadi dan hambatan-hambatan dalam diri sendiri. Kesulitan dan hambatan tsb. Dapat “dibebaskan” dengan mantra ini.
  14. Om Vinayakaya Namaha---Mantra ini dipergunakan untuk melancarkan segala macam pekerjaan/usaha. Anda akan dapat menguasai dan memecahkan masalah dengan baik serta membuat “masa keemasan”.
  15. Om Dhumraketuvae Namaha---Mantra ini untuk membantu menciptakan perdamaian dunia, terutama jika pengaruh komet Halley sedang melanda dunia yang berarti banyak pertumpahan darah (keributan-keributan) di seluruh dunia. Mantra ini baik sekali untuk para pemimpin.
  16. Om Ganadhyakshaya Namaha---Mantra ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit secara massal (beramai-ramai). Mantra ini menyembuhkan penyakit, jika diucapkan bersama-sama banyak orang. 
  17. Om Bhalachandraya Namaha ---Mantra ini menyembuhkan penyakit pada diri sendiri. Mantra ini mengaktifkan cakra yang berada di tengah-tengah kening. Cakra ini bersimbol bulan-separoh dan letaknya di tengah-tengah kening. Simbol tsb. Melukiskan pengembangan, ketenangan, dan kedamaian.
  18. Om Gajananaya Namaha ---Mantra ini untuk memperoleh kesadaran- tertinggi, kesadaran tak terbatas. Mantra ini sangat cocok untuk mereka yang memperdalam olah-batin.
Anjuran:
Mereka yang ingin mempergunakan mantra-mantra tersebut diatas perlu memperhatikan:
  • Agar serius melakukannya
  • Agar bersabar menanti hasilnya
  • Agar berdisiplin untuk mengucapkan secara teratur dan kontinyu
Untuk mempermudah hitungan, agar mempergunakan japamala/rudraksa (Tasbih) yang 108.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar