Sabtu, 16 Februari 2013

Ekspedisi Part Two. bag III

   PURA KRAMAT PUSERING JAGAD ULUN DANU. 
Ekspedisi kami kali ini Berakhir di pura ini pura yg sangat kental dengan suasana mistisnya, pura yg pada awal pendirinya karna suatu bencana yg menimpa warga di sekitaran tempat ini, dan pura ini bernama.
PURA PUSERING JAGAD ULUN DANU.  pura ini masih berada di sekitar areal kec.kasimbar. pura ini di sungsung oleh beberapa desa di sekitaran pura ini.

Pura ini memiliki beberapa pelinggih, dari Pelinggih Padmasana, Pelinggih Gedong, dan Pelinggih Tugu.

pelinggih tugu

Dan Pura Ini juga memiliki Pura Beji sebagai tempat memohon Air suci pembersihan ketika Pujawali/piodalan berlangsung di pura ini.

Menurut  Penuturan  Gusti Aji Mangku, juru sapuh Pura ini, awalnya mulanya Pura ini di bangun memiliki kisah tersendiri, pada kurun waktu Tahun 1979, terjadi wabah atau bencana sakit, banyak warga yg terkena penyakit aneh dan akhinya meninggal dunia, hampir setiap hari ada saja warga yg meninggal dunia karna terkena wabah sakit itu..

Dan ketika itu Para Tetua atau para penglingsir warga disana sepakat untuk meminta petunjuk kepada seorang Jro Dasaran / Seorang Praktisi Spiritual.

ketika memohon petunjuk itulah, di ketahui bahwa penyebab Wabah Sakit yg di derita oleh para warga di karenakan, suatu energi/kekuatan tuhan yg besar berada di daerah tersebut sebagai penguasa daerah tsbt.
dan Jro dasaran trsbt memberi tahu agar membangun sebuah pura di tempat energi itu berada, dan Sesepuh warga menyetujui hal itu dan menjajikan jika dalam seminggu kedepan para warga yg terkena Wabah Sakit sembuh dari sakitnya akan di bangun pura di areal energi trsbt berada. 

dalam hitungan hari Para Warga Telah sembuh dari sakitnya, Dan akhinya masyarakat dsn memenuhi janji mereka tuk membuat Pura.

Dalam Prosenya tidaklah semudah yang di bayangkan karna ternyata sumber energi itu berada, ada dalam hutan pohon rotan dan di bawah kumpulan hutan rotan itu menyerupai sebuah danau, dan pada saat itu Jro Dasaran yg si mohonkan petunjuk melakukan tugasnya meberi tanda diman pura itu akan di bagun dan memberi nama Pura tersebut Bernama  
PURA PUSRING JAGAD ULUN DANU. dan Manifestasi Tuhan atau Idha shanyang Widhi yg berstana di pura ini Bergelar  Hyang Dewi Ganga / Hyang Dewi Danu / Dewi ratih. 

Tour guide "Bli Gagus Rudi" bersama
Gusti Aji Mangku.
Ketika Sebelum Gusti Aji mangku Melakukan puja dan Menghaturkan persembahan Berupa Banten Pejati/Prasodan Daksina yg kami bawa, Jro Dek Itha sempat melakukan Observasi Dengan Mata batinya..  dan puja persembahan pun di mulai oleh Gusti Aji Mangku, dan langsun menuntun persembahyangan kami hingga selesai.

pada saat ritual persembahyangan dan pemberian anugrah panirtanan/air suci selesai, Gusti Aji Mangku Bertanya Pada kami, apa yang kalian rasakan dan mungkin kalian lihat setelah Aji melakukan puja dan kita bersembahyang...????

Jro dek Itha  berkata ya saya melihat di areal Pura ini memang dulunya sebuah danau dan di tengah" danau trsbt terdapat bunga teratai yg sangat indah. disini juga nampak Seekor naga penunggu/penjaga tempat ini, Dan Seorang Dewi yang sangat cantik..

Pelinggih Pura Beji

Jro Dek itha bersama Dek Puspa

Mnurut Gusti Aji MAngku, di pura beji terdapat sbuah mata air, mata air inilah yg biasanya di gunakan untuk pembersihan dalam melakukan pujawali/piodalan.

Dan Air suci yg berada di pura Beji ini memiliki khasiat untuk KESUKSESAN para PENGUSAHA/PEDAGANG. dan khasiatnya itu tlah terbukti.. itu yg di tuturkan oleh Gusti Aji MAngku, kepada kami saat mengunjungi pura beji yg terletak di luar areal pura utama.

Beliau juga bercerita banyak Penekun spiritual datang ke Pura ini untuk melakukan yoga samadi, memohon anugrah Idha shanghyang widhi wasa.

Dan Pernah Juga Beberapa Kali Wakil Kita, Di instansi Pemerintahan Datang mengunjungi tempat ini..

Demikianlah Ekspedisi Kami kali ini, dan nantikan petualang-petualangan Kami berikutnya, smoga bermanfaat Om Rahayu.. 

Pelinggih Pura Beji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar